Senin, 30 September 2013

RGC & Mapala Gunati Sosialisasi Pelestarian Elang Jawa

Unswagati, SetaraNews.com - Senin (30/09) Relawan Gunung Ciremai(RGC) melakukan sosialisasi ke berbagai masyarakat dalam program konservasi Elang Jawa dan habitatnya yang berada di Gunung Ciremai salah satunya Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) yang di wakili oleh Mahasiswa Pecinta Alam Gunung Jati (Mapala Gunati).

Sosialisasi tersebut di selenggarakan di gedung Unswagati tepatnya di pendopo kampus satu, sekitar pukul 09.30 WIB. Acara tersebut mendapat respon yang sangat baik oleh para mahasiswa dengan menyuguhkan berbagai foto-foto Elang Jawa juga menyediakan spanduk untuk di tanda tangani sebagai bentuk kepeduliannya.

Maraknya perburuan dan penjualan satwa-satwa langkah, salah satunya Elang Jawa membuat RGC bergerak melindungi juga melestarikan habitatnya yang semakin punah akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan menggelar acara yang bertema“Garuda Saving Program”.

Feri selaku kordinator RGC menyayangkan dengan adanya perburuan yang merusak ekosistem keanekaragaman hayati tersebut,“Di satu pihak ada yang melindungi di satu pihak ada yang melakukan penjualan bebas dan perburuan liar.” Ujarnya.

"Pengenalan dan penangkaran jenis Elang Jawa juga perlu di sosialisaikan ke masyarakat juga mahasiswa supaya tidak keliru." Ujar Warsono selaku panitia Mapala Gunati kepada Setaranews.

"Kegiatan ini cukup bagus, dan mencerminkan etika sosial terhadap makhluk hidup untuk keseimbangan keanekaragaman hayati." Ujar Saeful Fatah selaku salah satu mahasiswa Unswagati.

RGC  juga bekerja sama dengan Rain Raptor Indonesia dan Taman Nasional Gunung Ciremai juga mengunjungi beberapa lokasi untuk mencari dukungan yaitu Balai Kota Cirebon serta Taman Kota Kuningan.

Rencanaya, RGC akan mengadakan pelepasan liar di daerah Setianegara Kabupaten Kuningan Jawa Barat pada tanggal 19 Oktober 2013, kemudian di lanjut dengan peninjauan ulang terhadap Elang Jawa sampai benar-benar bisa hidup di alam bebas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar