Rabu, 09 Oktober 2013

Tips & Perlengkapan Mendaki Gunung

Cirebon Unswagati , SetaraNews.com  - Mendaki Gunung adalah  salah satu kegiatan yang sangat menantang, selain itu kegiatan mendaki gunung menguras adrenalin dan fisik para pendaki, karena itulah banyak orang berkeinginan untuk melakukannya, selain menantang para pendaki disajikan keindahan Alam serta pemandangan yang menawan.

Mental serta fisik  merupakan modal utama dikarenakan hal itulah yang memacu kita untuk bisa sampai ketujuan. Berikut beberapa tips ketika akan mendaki gunung:

  • Sebelum mendaki sebaiknya kita melihat kondisi kita terlebih dahulu, karena sangat riskan apabila kita memaksakan kondisi kita yang sedang kurang baik untuk mendaki.

  • Setelah mempersiapkan diri dengan baik, kita juga harus tau tentang peta geografis gunung yang akan di daki, serta harus mempelajari lingkungan disekitar gunung tersebut, Sehingga bisa mempersiapkan bekal dan alat apa saja yang akan dibawa.

  • Di usahakan tidak boleh gengsi ketika sedang melaksanakan pendakian, jika letih istirahatlah, apabila lapar, cari sesuatu yang bisa dimakan ataupun bekal yang telah kita bawa.

  • Jangan sesekali kita lengah, lihat di sekitarmu, tersandung batu atau memegang dahan pohon yang salah bisa membuatmu terluka.

  • Dirikanlah tenda di lahan yang terbuka.

  • Pilih barang yang berfungsi ganda, fungsinya untuk meringankan berat beban yang harus dibawa.

  • Packing barang dengan baik, simpan barang yang paling berat di posisi paling atas agar pada saat carier digunakan beban terberat berada dipundak anda dan memudahkan kaki kita untuk melangkah pada saat pendakian, ataupun pada saat turun.


Selain itu  ada beberapa peralatan serta barang yang harus di bawa seperti :  Tenda, Sleaping bad, Carier , Peralatan masak, Peralatan makan dan minum, Senter, Jaket parasit, Subtabel (berisi benang, jarum dan sebagainya), obat-obatan/P3K, sepatu khusus(sepatu olahraga), serta Golok.

Makanan yang harus dibawa pada saat perjalanan adalah : Madu, Agar-agar (Jelly), Coklat , Roti, botol Air mineral (perjalanan dan camp)

Sumber : Blepot (Logistik Mapala Gunati)

 

Redaktur: Ali Fikri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar