Rabu, 08 Juni 2016

Berkah Ramadhan bagi Penyewa Kuda

Cirebon, SetaraNews.com - Komplek gedung uji kendaraan dishub Desa Weru Lor Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon yang biasa dijadikan tempat berkumpulnya warga sekitar setiap sore kini makin ramai oleh kuda-kuda yang disewakan selama bulan Ramadhan. Pada hari biasanya warga berkumpul dan melihat latihan komunitas sepeda BMX di bekas terminal weru namun semenjak tempat tersebut dialihfungsikan menjadi pasar darurat Plered, komunitas sepeda BMX sudah jarang latihan di tempat tersebut. Sebagai gantinya, muncul penyewaan-penyewaan kuda yang hanya beroperasi selama bulan Ramadhan dari mulai ba'da Ashar hingga menjelang Maghrib. Tidak hanya para penyewa kuda yang merasakan berkahnya bulan Ramadhan dengan tingginya antusiasme warga untuk menyewa kuda namun pedagang makanan sekitar pun ikut kebagian berkah Ramadhan.

“Di sini ngabuburit liat kuda sekalian jajan buat buka puasa. Biasanya sih setiap sore ramai ada anak BMX latihan tapi karena ada pembangunan pasar di situ jadi jarang. Kalau kuda ini emang setiap bulan puasa juga ada.” Tutur Imah salah seorang warga.
Kuda-kuda tersebut dijaga oleh masing-masing penyewa. Dengan tarif Rp.5000,- kuda bisa dinaiki selama satu putaran. Tidak hanya anak kecil yang boleh menaiki kuda karena kuda tersebut disewakan untuk semua kalangan. Omzet penyewaan kuda sendiri dapat mencapai angka Rp.70.000-Rp.90.000 per harinya.
“Siapa aja boleh nyewa asal bayar Rp.5.000. Mau anak kecil, muda maupun tua silakan.” Tukas Antin salah satu penyewa kuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar