Selasa, 28 Juni 2016

Kemensos Kukuhkan Dua Juta Tagana secara Nasional untuk Memberantas Narkoba

stop-narkoba

Malang, setaranews.com – Kementrian Sosial (Kemensos) kukuhkan dua juta Taruna Tanggap Bencana (Tagana) untuk memberantas narkoba. Hal tersebut diberikan secara simbiolis kepada dua orang Duta Tagana di sela acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) bertema ‘Ramadhan Tolak Narkoba’ yang bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin malam lalu (26/06).

Khofifah Indar Parawansa selaku Menteri Sosial memaparkan, “Kalau tidak kita kendalikan dan perangi dengan cara memberantasnya hingga tuntas, narkoba ini bisa menjadi bencana kemanusiaan paling besar di negeri ini,”

Lebih lanjut, menurutnya, Tagana harus mampu memberikan motivasi kepada para pecandu narkoba untuk bisa terlepas dari pemakaian obat-obatan terlarang.

Sementara itu, BNN lewat keterangan tertulis mengungkap 1.015 kasus narkotika dari 72 sindikat selama tahun 2015 sampai Juni 2016, dan telah melibatkan lebih dari 1.681 tersangka yang terdiri dari Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA).

Alat bukti yang disita BNN dalam satu setengah tahun terakhir antara lain 2,8 ton sabu, 707.864 butir pil ekstasi, 4,1 ton ganja kering, dan lahan ganja seluas 69 hektare. Lalu, dalam upaya untuk melakukan penyembuhan, BNN lewat lembaga rehabilitasi pemerintah dan masyarakat telah merehabilitasi 42.429 pecandu narkoba selama tahun 2015 sampai Juni 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar