Jumat, 17 Juni 2016

Perpustakaan Lesehan Konsep Baru Membaca

Unswagati, Setaranews.com- Buku adalah jendela dunia, mungkin gagasan tersebut melatarbelakangi kehadiran Perpustakaan Lesehan (Perles) pada Kamis (16/06) yang terlihat dilorong lantai dasar Kampus 1 Universitas Swadaya Gunung Jati. Perles yang digagas oleh Saiful (Fakultas Pertanian), Reza (Fakultas Pertanian) dan Gusak (Fakultas Ekonomi) memang sengaja dihadirkan untuk mengisi waktu luang mahasiswa saat bulan Ramadhan. Perles memiliki konsep cukup unik karena mahasiswa dapat membaca buku dengan duduk lesehan di lorong-lorong lantai dasar Kampus 1, mahasiswa pun dapat meminjam buku layaknya di perpustakaan biasa dengan ketentuan menyimpan buku miliknya untuk ditukar dengan buku yang ingin dipinjam atau bisa disebut dengan sistem barter.
“ Awal terbentuknya Perpustakaan Lesehan karena momentum bulan ramdhan sih, dari pada tidur-tiduran gak jelas mending bikin kegiatan yang positif, selain itu juga biar minat baca teman-teman mahasiswa tumbuh lagi, kan selama ini budaya baca sudah bergeser. Perpustakaan Lesehan juga bikin konsep perpustakaan yang beda. Selama ini kan buku bacaan di perpus tuh tentang mata kuliah aja, terus agak kaku kesannya nah kalo di sini bacaannya beragam, pokoknya anak muda banget lah buku bacaannya.” ujar Saiful.
Perles memiliki jumlah buku yang terbatas sehingga masih membuka donasi buku dari mahasiswa yang ingin meminjamkan bukunya agar lebih bermanfaat. Buku yang dipinjamkan beragam jenisnya dari mulai fiksi, non fiksi sampai buku pengantar kuliah. Saiful berharap agar Perles dapat berlanjut tidak hanya di bulan Ramadhan saja namun juga di bulan setelahnya.
“Semoga Perpustakaan Lesehan bisa terus berlanjut, sejauh ini kita liat respon pengunjung Perpustakaan Lesehan dulu kalo responnya baik dan banyak yang minat, gak menutup kemungkinan Perpustakaan Lesehan hadir lagi setelah Ramadhan” tutup Saiful saat diwawancarai oleh setaranews disela-sela kesibukannya merapihkan buku.

Reporter: Silvia
Editor : Anisa

[gallery ids="11256"]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar