Jumat, 09 September 2016

Oprec Menwa Dibuka Serentak se-Jawa Barat

Unswagati, Setaranews.com - Demi terciptanya regenerasi di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon (Unswagati), maka dibukalah open recruitment (Oprec) yang ditutup sampai November 2016. Open recruitment Menwa dibuka serentak se-Jawa Barat, sehingga untuk tanggal tetap penutupan open recruitment masih belum pasti karena menunggu informasi dari Bandung.

Untuk menjadi anggota Menwa harus mengikuti beberapa tahapan, yaitu mendaftar ke sekretariat Menwa yang berada di belakang gedung Koperasi Mahasiswa (KOPMA) dan menjalani serangkaian tes yang telah ditentukan. Terdapat tiga tes yang harus dilewati, yaitu tes kesehatan, tes fisik dan tes psikologi. Untuk tes kesehatan, Menwa bekerjasama dengan Rumah Sakit Ciremai dengan mengadakan tes yang serupa dengan tes kesehatan untuk kepolisian dan tentara. Sedangkan tes fisik akan bekerjasama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) dengan menjalani lari, push up dan sebagainya, selain itu ada tes psikologi dengan menjalani tes tertulis.

Setelah dinyatakan lolos seleksi maka anggota akan diikutsertakan dalam pelatihan yang dikhususkan bagi anggota baru. Pelatihan tersebut diikuti oleh Menwa se-Jawa Barat dan diadakan oleh Satuan Komando Resimen Mahasiswa (Skomenwa) Mahawarman. Tujuan dari adanya pelatihan tersebut adalah memberikan pemahaman mengenai adanya proxy war yang sekarang ini sedang dihadapi bangsa Indonesia.

Dengan adanya open recruitment Menwa ini, diharapkan agar mahasiswa dapat mengikuti organisasi dengan Menwa sebagai pilihannya, karena diungkapkan oleh Deri, salah satu anggota Menwa bahwa mahasiswa sekarang sudah enggan untuk berorganisasi dengan dalih urusan perkuliahan. Menwa Unswagati pun diharapkan dapat maju dengan anggota yang lebih banyak.

“Harapannya sih banyak mahasiswa yang ikut organisasi karena sekarang ini banyak yang takut berorganisasi. Alasannya yaitu jadwal kuliah padat padahal dengan berorganisasi kita akan belajar apa yang tidak ditemukan di perkuliahan. Selain itu juga harapannya agar Menwa Unswagati dapat terus maju dengan regenerasi yang banyak agar Menwa lebih meriah,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar