Jumat, 06 Oktober 2017

Amanat Jendral TNI Gatot Nurmantyo dalam HUT TNI ke-72

Cirebon, Setaranews.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang pada tahun ini merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 tahun dengan menggelar upacara seremonial di Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Kamis 5 Oktober 2017 dengan mengusung tema “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Upacara yang dipimpin oleh Kepala Staf Korem 063/SGJ, Letnan Kolonel (Letkol) Wahyu Widodo, menyampaikan amanat dari Jendral TNI Gatot Nurmantyo dalam pidatonya kepada seluruh anggota TNI. Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas.

“Kedua, tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara bersatu atau bercerainya bangsa, oleh karena itu tempatkan tugas diatas segala-galanya. Ketiga, junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” katanya dalam pidato tersebut.

Keempat, lanjut Letkol Wahyu, pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, taati hukum dan hormati hak asasi manusia. Kelima, bina solidita satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan satuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.

“Keenam, selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dengan aktif berperan menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan dan lingkungan di mana pun berada. Selalu berinovasi dan berkreasi terhadap perkembangan IPTEK, sehingga mampu mengatasi segala bentuk ancaman terhadap negara ini. Ketujuh, laksanakan semua tugas dengan niat berbuat baik, berani, tulus dan ikhlas hanya untuk negara Indonesia,” ujarnya.

Letkol Wahyu Widodo pun mengatakan, bersama-sama dengan rakyat ke depannya untuk membuat situasi yang lebih kondusif, khususnya di Cirebon dan juga Indonesia.( Hashbi isma rabbani )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar