Kamis, 03 Oktober 2013

Peringati Hari Batik, SMKN 1 GJ Gelar 4 Acara

Cirebon, SetaraNews.com - Kemarin Rabu (2/10) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Gunung Jati menggelar serangkaian acara untuk peringati hari batik internasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2013. Ada tiga acara dalam menyambut hari batik internasional tersebut diantaranya; seminar dan bincang-bincang batik sebagai aset bangsa, lomba mewarnai lukisan batik antar siswa SD dan SMP se-kecamatan Gunung Jati, lomba tumpeng antar kelas, dan lomba sepak bola antar kelas.

Acara yang diselenggarakan oleh SMKN 1 Gunung Jati tersebut merupakan upaya sekolah dalam menduniakan batik, dan menjadikan batik sebagai identitas bangsa. "Acara hari ini merupakan bentuk wujud nyata kami dalam melestarikan batik dan membudayakan batik di lingkungan anak muda." ujar Kepala Sekolah SMKN 1 Gunung Jati, Wiryo Santoso, M.Pd di sela-sela sambutan dalam acara seminar dan bincang-bincang batik sebagai aset bangsa.

Acara seminar yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata; Assulah turut mengapresiasi kepada pihak sekolah yang ikut mengkampanyekan hari batik nasional pada hari ini. Karena masih belum banyak yang mengetahui bahwa pada setiap tanggal 2 Oktober adalah peringatan hari batik internasional.

"Ada kemajuan yang cukup membanggakan bagi kita, paradigma pemakai batik yang terkesan hanya untuk golongan tua sekarang sudah banyak anak muda yang sudah memakai batik. Bahkan perusahaan produksi batik sudah berinovasi dengan aneka ragam model baju batik yang trendy dan batik telah lama masuk sebagai warisan dunia milik Indonesia." ujar Assulah saat bincang-bincang bersama peserta seminar dari siswa-siswi kejuruan kriya tekstil SMKN 1 Gunung Jati, guru kesenian se-kecamatan Gunung Jati dan turut dihadiri oleh guru praktikan dari Universitas Swadaya Gunung Jati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar