Kamis, 01 September 2016

Beredar Komentar Negatif, Ketuplak Inaugurasi Beri Penjelasan

Unswagati, setaranews.com - Kontroversi mengenai pembayaran tiket masuk acara Inaugurasi yang bertema ‘Be Cheerful, Creative And Brighter’ yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya akhirnya diklarifikasi mengenai kejelasan dananya oleh ketua pelaksana, Diah Intan. Sebelumnya dipaparkan bahwa acara inaugurasi dipungut biaya sebesar lima ribu rupiah untuk mahasiswa Unswagati tingkat dua sampai tingkat empat namun tidak berlaku untuk mahasiswa baru (maba) (baca: Lepas PKKMB, Unswagati Adakan Inaugurasi) yang dibenarkan olehnya.

Menurutnya, hal tersebut dirasa adil karena mahasiswa baru sendiri dikenakan dana sebesar Rp 17.500 untuk inaugurasi yang pembayarannya dilakukan bersamaan dengan uang masuk Unswagati. Lagi pula, inaugurasi  memang dikhususkan sebagai penyambutan mahasiswa baru sebagai bagian dari keluarga besar Unswagati, sehingga mahasiswa lama yang ingin menikmati pula acara tersebut dirasa wajar jika diharuskan membayar. Alasan lainnya, untuk menambah pemasukan dana karena dana dari pihak universitas sendiri belum sepenuhnya cair, terlebih dana untuk inaugurasi tahun ini pun menurun seiring bekurangnya jumlah mahasiswa baru.

Berdasarkan data awal sudah tercatat terdapat 1749 mahasiswa baru belum termasuk mahasiswa Fakultas Kedokteran berjumlah 75 mahasiswa, pada saat itu masih proses pendaftaran sehingga ada kemungkinan bertambah, namun yang baru dicairkan dari universitas hanya 1721 mahasiswa.

“Tahun-tahun kemarin itu acaranya outdoor jadi mahasiswa lain bisa lihat padahal inaugurasi ini acaranya maba. Sedangkan tahun ini acaranya indoor jadi ngga sembarang orang bisa masuk dan wajar kalau mahasiswa lama bayar karena maba pun bayar Rp 17.500 di awal masuk. Ini juga sebenernya buat nambah dana juga karena pihak Universitas belum mencairkan total dananya,” ujar Diah Intan ketika ditemui tim SetaraNews.com pada Kamis (1/9) di depan Sekretariat UKM Seni dan Budaya.

Terkait komentar negatif mengenai pemberlakuan biaya masuk pada acara inaugurasi bagi mahasiswa tingkat dua sampai empat, Diah Intan menghimbau untuk tetap berpikir jernih dan positif. Pihaknya mengaku geram atas tuduhan negatif yang mengarah kepada panitia inaugurasi.

"Tolong mahasiswa Unswagati itu berpikir positif jangan melulu negatif. Jangan mudah terprovokasi dengan hal-hal lain yang beredar sebelum mengetahui sendiri kejelasannya agar tidak mudah terpancing dan diadudomba," Tutupnya. (Anisa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar