Jumat, 16 September 2016

Ini Tahapan Menjadi Anggota Mapala Gunati

Unswagati, SetaraNews.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Swadaya Gunung Jati atau Mapala Gunati akan mengadakan open recruitment (oprec) anggota baru. Pendaftaran dibuka mulai 19-29 September untuk mahasiswa tingkat I dan II di stand Mapala Gunati dekat sekretariatnya di Kampus I Unswagati.

Berikut tahapan yang harus diikuti jika ingin menjadi anggota Mapala Gunati:

  1. Datang ke stand pendaftaran dan akan mendapatkan 1bucket berisi blngko mengenai mapala gunati serta form pendaftaran yang harus di isi serta surat izin orangtua.

  2. Mengikuti rangkaian tes:



  • Tes fisik (lebih mengarah ke olahraga dan ketahanan diri serta kebugaran jasmani)

  • Tes tulis (mengenai pengalaman dalam berorganisasi dan tes IQ)

  • Tes wawancara



  1. Selanjutrnya masuk ke dalam tahap pematerian dimana pengurus Mapala Gunati akan memberikan materi mengenai buana-buana yang ada di dalam organisasinya.

  2. Pra-pendidikan dasar

  3. Pendidikan dasar merupakan tahapan akhir dari rangkaian open recruitment


 

Proses pendidikan dasar sendiri mengarah bagaimana para calon anggota dapat menerapkan materi-materi yang telah disampaikan saat mereka terjun langsung di lapangan nanti.

“Proses open recruitment ini merupakan suatu rangkaian yang memang harus diikuti oleh calon anggota, dan wajib diikuti dari mulai tahap pengisian formulir hingga pendidikan dasar. Kami mencari orang-orang yang memiliki tekad yang kuat serta kemauan. Kami pun tidak mepermasalahkan jika nantinya ada calon anggota yang memang baru masuk ke dalam kegiatan pecinta alam,” ujar Ibeat selaku Ketua Umum Mapala Gunati pada SetaraNews.com, Rabu (14/9).

Setelah selesai pendidikan dasar maka di angkatlah calon anggota tersebut menjadi anggota muda, setelah satu tahun masa pengabdian barulah melakukan pengembaraan untuk menjadi anggota penuh Mapala Gunati atau pengurus. Setelah satu tahun menjadi pengurus, lalu menjadi senior, yang masa kepengurusannya telah usai, tapi masih membantu jalannya organisasi dan terakhir jika sudah lulus disebut dengan anggota luar biasa yaitu nama keanggotaan pengurus Mapala Gunati yang sudah menjadi alumni.

“Kalo di Mapala Gunati keanggotaan kami berjenjang dan masa keanggotaan kami seumur hidup, tidak hanya saat menjabat menjadi anggota dan pengurus saat kuliah saja,” tutup Ibeat.

Bagi yang berminat menjadi bagian dari Mapala Gunati dan ingin tahu informasi lebih lanjut dapat menghubungi Koordinator Open Recruitment Mapala Gunati 089695763869 (Laceng).

 

Editor: Fiqih Dwi H.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar