Rabu, 21 September 2016

Unswagati Ditunjuk Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara

Unswagati, Setaranews.com - Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon ditetapkan sebagai salah satu Universitas Swasta Sewilayah Kopertis IV Jawa Barat dan Banten  yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Nusantara (Permata). Selain Unswagati masih ada tiga universitas lain, yakni Universitas Pakuan, Universitas Pasundan dan Universitas Islam Bandung (Unisba). Pelaksanaan program Permata dilakukan selama satu semester pada semester ganjil tahun ini.

Penunjukan Unswagati untuk mengikuti Program Permata merupakan salah satu prestasi yang membanggakan karena telah terpilih dari ribuan perguruan tinggi dan ratusan universitas sewilayah Kopertis IV Jabar dan Banten. Bukan tanpa alasan menunjuk Unswagati melainkan sudah ada kepercayaan dari pihak koordinator penyelenggara bahwa Unswagati merupakan universitas yang berkualitas.

"Kopertis saja percaya dengan kita (Unswagati), itu menandakan kalau Unswagati dinilai sebagai universitas yang memiliki kualitas tinggi," ujar Dudung Hidayat selaku Wakil Rektor III.

Peserta program Permata berjumlah lima mahasiswa masing-masing dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Hukum. Mahasiswa akan disebar ke wilayah barat sebanyak tiga mahasiswa dan wilayah timur sejumlah dua mahasiswa. Universitas akan menanggung biaya transportasi bagi mahasiswa sedangkan dari Dikti akan memberikan biaya hidup sebanyak Rp 600.000 per bulan.

"Transportasi pulang-pergi itu akan ditanggung universitas sedangkan Dikti hanya ngasih biaya hidup Rp 600.000 per bulan. Untuk mahasiswa yang berminat mengikuti harus ada izin dan koordinasi dulu dengan orang tuanya karena menyangkut biaya hidup yang diberikan kan jumlahnya terbatas," lanjutnya.

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada laporan pembaruan mengenai mahasiswa yang diikutsertakan dalam program Permata. Bagi mahasiswa semester lima yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dapat mendaftarkan dirinya ke Dekan Fakultas masing-masing atau menghubungi Staff Warek III. (Anisa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar