Jumat, 30 Desember 2016

Senja Sastra Adakan Diskusi Tentang Sosiologi Sastra

Unswagati, Setaranews.com – Senja Sastra adakan diskusi rutin dengan tema “SOS Sastra” pada Jumat sore, (30/12) yang terbuka untuk umum di Kampus II Unswagati (Universitas Swadaya Gunung Jati). Selain dihadiri oleh pelajar SMA/MAN dan mahasiswa umum, diskusi tersebut  pun dihadiri oleh penulis, budayawan dan wartawan Cirebon.

Diskusi diselingi dengan alunan musik dan pembacaan puisi yang dibawakan oleh sekelompok mahasiswa. SOS Sastra disini bermakna sosiologi sastra atau sastra dan masyarakat sosial. Menurut penulis antologi-puisi Manuskrip Sepi, Nisa Rengganis yang hadir dalam diskusi tersebut memaparkan bahwa sastrawan adalah bagian dari masyarakat, dan sastra lahir dari masyarakat itu sendiri.

Diskusi tersebut merupakan agenda rutin dwi Jumat dan kali ini pembahasan yang diangkat adalah tentang sosiologi sastra, seperti yang diungkapkan oleh Wahyudi, salah satu pengurus Senja Sastra. “Ini agenda rutin dwi Jumat dari Senja Sastra, kali ini temanya SOS Sastra, atau sosiologi sastra atau sastra dan masyarakat sosial. Dimana permasalahan sosial diangkat oleh masyarakat sastra, termasuk mahasiswa,” ungkapnya pada Setaranews.com seusai acara diskusi.

Sekedar informasi, Senja Sastra adalah sebuah komunitas yang didirikan oleh mahasiswa Diksatrasia (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Unswagati dimana sebagai wadah untuk mahasiswa yang memiliki minat lebih pada sastra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar