Jumat, 06 Januari 2017

KLISE Unswagati Kenalkan Budaya Cirebon Lewat Pameran

Unswagati, Setaranews.com – Kelompok Studi Mahasiswa (KSM), Klise Unswagati Cirebon menggelar pameran fotografi di Gramedia Cipto lantai 3. Acara ini dilaksanakan selama tiga hari, dari Kamis hingga Sabtu (5-7/1).

Pameran tersebut diadakan dalam rangka kegiatan tahap pendidikan lanjutan atau pengukuhan anggota baru klise, dan dilaksanakan setiap kali angkatan.

Pameran yang bertajuk "PELAL Ing Dalem Keraton Kanoman Nagari Cirebon" tersebut menampilkan beragam foto kegiatan di Keraton Kanoman selama bulan mulud (Rabiul Awal), seperti mulai dari acara mipis, latihan gamelan, sampai gong sekati wangsul dan acara tumpengan.

Syarif Hidayat selaku ketua pelaksana, menyampaikan dipilihnya Keraton Kanoman dikarenakan acara di Keraton Kanoman banyak dan sesuai dengan yang sudah direncanakan yaitu foto story.

Selain acara pameran fotografi, ada berbagai acara lain diantaranya, seminar yang mengusung tema "fotografi dalam pendokumentasian dan pelestarian budaya" yang diisi oleh tiga Narasumber yaitu Aat Fathurozak (fotografer budaya), Drs. Dana Kartiman (Disporbudpar), dan Ratu Raja Arimbi Nurtina, ST., M.Hum. (narasumber Keraton Kanoman), serta  ditutup dengan acara saresehan pada Sabtu (7/1).

"Tujuan dari pameran ini, kita pengen orang tau bahwa dibalik acara panjang jimat itu prosesnya panjang loh, banyak loh. Banyak orang yang belum tau yang dipake di acara panjang jimat itu kan banyak, prosesnya juga panjang kaya bikin nasi kuning itu kan ada prosesnya", ungkap Syarif Hidayat pada setaranews disela-sela acara, Kamis (5/1)

Pada kesempatan yang sama, salah satu pengunjung, Arur menganggap jika pameran ini memberikan pengetahuan lebih tentang budaya Cirebon "pamerannya bagus, yah dengan adanya pameran ini kita jadi tau gitu kalau di Cirebon itu ada adat panjang jimat. Memperkenalkan budaya yang ada di cirebon." ungkapnya. (Trusmiyanto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar