Jumat, 06 Januari 2017

Lestarikan Budaya Cirebon, Klise Adakan Seminar Fotografi

Cirebon, Setaranews.com – Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon yakni KLISE mengadakan seminar fotografi dengan tema “Fotografi dalam Pendokumentasian dan Pelestarian Budaya” di Gramedia Cipto lantai tiga pada Jumat (6/1). Seminar ini masih dalam rangkaian acara pameran fotografi dengan tema “Pelal: Ing Dalem Keraton Kanoman Nagari Caruban” yang telah berlangsung sejak tanggal 5-7 Januari mendatang.

KLISE pun mendatangkan dua orang pemateri yang kompeten dibidangnya yakni seorang Fotografer Budaya, Aat Fathurozak dan adik dari Sultan Kanoman XII, Ratu Raja Arimbi Nurtina, ST., M.Hum.

Melalui tema tersebut, KLISE ingin menghadirkan bagaimana budaya dikemas dalam bingkai fotografi sebagai bentuk usaha melestarikan salah satu kebudayaan Cirebon,  Pelal atau yang biasa dikenal oleh masyarakat Cirebon sebagai Panjang Jimat.

“Untuk melihat budaya dari sisi fotografi seperti apa, lalu fungsi fotografi dalam budaya kan bisa sebagai pelestarian juga, dan bisa berdampak ke pariwisatanya,” ungkap Syarif Hidayat selaku Ketua Pelaksana pada Setaranews.com seusai acara berlangsung, Jumat (6/1).

Seminar tersebut digelar secara gratis dan terbuka untuk umum, dihadiri oleh kalangan mahasiswa dari beberapa Universitas di Cirebon seperti Unswagati, UNTAG dan IAIN Syekh Nurjati.

“Menarik seminarnya, apalagi anak-anak sekarang kan jarang mau tahu budaya, banyak manfaat yang bisa diambil lah,” ujar Firda Nafiyah, mahasiswi IAIN Syekh Nurjati yang menjadi salah satu peserta dalam seminar.

Dalam seminar pun, KLISE memperlihatkan video behind the scene pemotretan rangkaian panjang sebelum dan saat acara Pelal berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar