Sabtu, 04 Februari 2017

Resensi Buku: Hidup Berawal Dari Mimpi

Judul             : Hidup Berawal Dari Mimpi

Penulis          : Fahd Djibran, Bondan Prakoso and Fade 2 Black

Cetakan        : Cetakan Pertama, Juni 2011

Penerbit        : Kurniaesa Publishing

Tebal             : 231 Halaman

Resentator    : Rizal .A.P

 

Resensi, Seteranews.com – Novel ‘Hidup Berawal Dari Mimpi’ merupakan novel fiksi yang sangat unik dan menarik. Di novel ini terdapat beberapa subjudul, yang diambil dari judul-judul lagu Bondan Prakoso and Fade 2 Black seperti Kau Puisi, Sang Juara, Not With Me, Ya Sudahlah! dan masih banyak lagi. Tiap judulnya memiliki cerita dan keunikan masing-masing yang dapat membuat para pembaca ingin membacanya lagi lagi dan lagi.

Misalnya Kau Puisi, dalam judul ini menceritakan seorang remaja kelas 1 SMA yang  pada saat itu sedang mengikuti pelajaran Fisika, Reza namanya. Ia memperhatikan dengan seksama ketika seorang guru menerangkan Hukum I Newton tantang Gaya dan Dinamika. Kala itu kelas terasa sepi dan membosankan. Tiba-tiba di balik pintu muncul lah Wakil Kepala Sekolah dengan membawa seorang gadis bernama Mona. Mona merupakan siswi pindahan dari luar kota. Kehadiran seorang Mona membuat suasana kelas yang tadinya sepi dan membosankan tiba-tiba menjadi tumpah riuh dengan senyuman. Tak lupa Reza, ia memperhatikan Mona mulai dari gesture, suara, mata, dan hidungnya, rupanya Ia jatuh cinta. Mona menjadi “Gaya Total” bagi laju hidupnya.

Hal yang unik dari cerita ini ialah dengan gaya kepenulisannya Fahd Djibran memadukan antara Hukum Newton dengan Percintaan. Tiap kalimat terasa sekali kepuitisannya.

Lain halnya dengan judul cerita Ya Sudahlah!, disini menceritakan tentang dua orang sahabat yang selalu bersama sejak SMA, Yusuf dan Irwan. Singkat cerita, persahabatan mereka diwarnai konflik yang hebat sehingga membuat mereka berdua saling berpaling muka, marah. Namun keduanya memiliki prinsip mengenai persahabatan.

Friendship is giving someone the ability to destroy you – but trusting them not to...”

Itulah prinsip persahabatan mereka. Mereka saling percaya, saling menjaga. Hingga konflik hebat yang terjadi dalam persahabatan mereka seketika mencair dengan sendirinya.

Gaya tulisan yang dikemas di novel ini terbilang simple, ringan dan mudah diserap. Namun dengan pemikirannya Fadh Djibran membuat suasan di novel ini terasa adem dan enak untuk dibaca. Kolaborasi antara seorang penulis Fahd Djibran dengan Bondan Prakoso and Fade 2 Black membuat novel ini begitu banyak diminati masyarakat terutama kaum muda dan menjadi novel best seller kala itu. Kalimat “Hidup Berawal Dari Mimpi” sendiri diambil dari salah satu judul lagu Bondan Prakoso and Fade 2 Black, ya, Hidup Berawal Dari Mimpi.

Masih banyak cerita yang unik dan menarik dari novel “Hidup Berawal Dari Mimpi” ini yang akan membawa para pembaca menuju dimensi yang beranggapan bahwa Ia (pembaca) ada di dalam cerita tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar