Selasa, 16 Juni 2015

Hilal Tak Nampak, Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 18 Juni

Jakarta,Setaranews.com - Malam ini (16/6/15) Kementrian Agama Republik Indonesia mengadakan konferensi pers. Dalam konferensi pers yang digelar setelah pengamatan bulan baru atau yang biasa disebut rukyatul hilal.  Lukman Hakim Syaifuddin selaku mentri agama menyampaikan bahwa hilal belum nampak, sehingga bulan Syaban digenapkan menjadi 30 hari. dan Pemerintah menetapkan bahwa awal Ramadhan jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015.

"Karenanya, atas dasar itulah seluruh peserta sidang itsbat menyepakati bahwa karena saat ini hilal tidak bisa dilihat, maka bulan Sya;ban distikmalkan (disempurnakan) menjadi 30 hari. Dengan demikian, maka 1 Ramadlan baru akan jatuh pada esok lusa, tepatnya Kamis 18 juni 2015," ujar Politikus PPP itu.

Tahun ini, umat Islam bisa mengawali puasa Ramadhan secara serentak. Lukman berharap dengan kebersamaan ini bisa mengatasi permasalahan yang ada.

"Dengan hasil ini, mudah-mudahan (puasa) umat Islam bisa dilakukan serentak. Ini juga cerminan kebersamaan umat Islam bisa terus dibangun dari waktu ke waktu sehingga seluruh persoalan bisa disikapi bersama" Ujar Lukman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar