Kamis, 04 Februari 2016

Ini Alasan Kenapa Jalan Terusan Pemuda Kerap Banjir

Cirebon, Setaranews.com- Banjir yang kerap kali terjadi di jalan terusan pemuda bila hujan deras melanda wilayah Cirebon disebabkan karena ruang saluran air yang berada di bawah jalan by pass terlalu sempit dan perlu dilakukan pelebaran saluran air. Pemerintah Kota Cirebon telah mengupayakan untuk membenahi saluran air tersebut namun saat ini masih dalam proses perizinan kepada Pemerintah Pusat.

Menurut Tri Sunu, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Kota Cirebon, pelebaran saluran air di bawah jalan by pass menjadi agenda prioritas tahun ini, namun masih terkendala izin dari Pemerintah Pusat karena dana yang dibutuhkan sangat besar yaitu diperkirakan mencapai 1,5 miliar, “Crossing jalan by pass yang jadi masalah, crossing-nya kecil jadi harus diperbesar, cuma masalahnya diperizinan, tapi tahun ini lagi proses,” jelasnya.

Dana yang dianggarkan tersebut dibutuhkan untuk koordinasi dengan pihak yang terlibat dalam proyek ini, “Untuk renovasi butuh izin ke pusat untuk bongkar jalan, kaitannya banyak, dengan polisi, karena itu kan memutus jalan negara yang merupakan lintas perekonomian nasional makanya dibutuhkan dana yang besar untuk koordinasi yang panjang,” tambahnya.

Pembenahan ini sudah lama diupayakan namun selalu diundur karena proses perijinan yang lama sehingga menangani permasalahan di tempat yang lain terlebih dahulu, “Proses perizinan lama jadi mengurus yang lain dulu, kemarin menangani yang lebih prioritas dulu, menangani Perumnas, alhamdulillah sekarang Perumnas sudah aman,” ujarnya.

Selain terkait saluran air yang sempit, penyebab genangan air di jalan terusan pemuda yaitu sampah, kurangnya resapan air, dan penyempitan sungai akibat pembangunan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar