Selasa, 02 April 2013

Mahasiswa Hipmagro Unswagati Gelar Pelatihan untuk Desa Binaan

Cirebon – SetaraNews.com: Mahasiswa dari Fakultas Pertanian Unswagati yang tergabung dalam Hipmagro Minggu (31/03) menggelar kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Desa Binaan dalam Kemandirian Pembuatan Pupuk Organik”.  Acara yang diselenggarakan di desa Karang Jalak ini, mahasiswa dari Fakultas Pertanian – Unswagati melakukan pelatihan seperti; penanaman pada pot vertikultur, pembuatan pupuk organik, dan pembuatan lubang serapan biopori kepada mahasiswa program study agroteknologi.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pembekalan dan membina beberapa desa dikemudian hari, dimana desa Karang Jalak menjadi langkah awal kami serta menjadikan pekarangan rumah menjadi “dapur/supermarket” melalui metode vertikultur. Pelatihan ini juga turut menjelaskan bagaimana caranya membuat kompos dari limbah rumah tangga, dan teknik konservasi air, melalui lubang resapan biopori sebanyak 20 sampai 30 lubang.

Hipmagro Unswagati rencananya akan memberi hibah kepada masyarakat desa binaan, berupa; tanaman cabai, cesin, alat untuk membuat lubang biopori, rakvertikultur, dan pupuk organik. Kegiatan Hipmagro ini berpacu pada “Tri Dharma Perguruan Tinggi” yakni wujud pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini, Nanda yang juga selaku ketua Hipmagro kepada SetaraNews menjelaskan; “Patokan kami salah satunya adalah dari tri dharma perguruan tinggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat.”


Rencananya Hipmagro Unswagati akan terus melakukan kegiatan ini secara berkelanjutan, hal itu ditegaskan oleh Dodi Budirokhman SP.M selaku Wakil Dekan tiga dalam sambutannya disela-sela kegiatan desa binaan “Kegiatan ini tak hanya sampai di sini tetapi nanti setelah pelatihan ke desa binaan, kita akan control tiga hari sekali dan setelah sukses di satu desa kita cari lagi desa yang akan di bina, agar kegiatan ini terus berkembang.”

 

 

 

Reporter : Ali

Editor : Santosa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar