Rabu, 02 April 2014

Hari Ini, Kabupaten Cirebon Genap Berusia 532 Tahun

Cirebon - SetaraNews.com, Hari ini adalah hari yang istimewa bagi Kabupaten Cirebon. Tepat hari ini Rabu 2 April 2014 Kabupaten Cirebon genap berusia 532 Tahun. Tanggal 2 April dijadikan hari jadi bukan tanpa alasan, 2 April adalah hari dimana Cirebon merdeka dari genggaman Kerajaan Pajajaran.

Awalnya saat Syekh Syarif Hidayatullah menggantikan Pangeran Cakra Buana sebagai raja atau Sultan Kerajaan Pakungwati (kasepuhan) pada tahun 1482 M. Syekh Syarif Hidayatullah atau biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati menghentikan mengirim upeti ke kerajaan Pajajaran.

Melalui maklumat yang dibuat Sunan Gunung Jati kepada raja Pajajaran Prabu Siliwangi, Sunan Gunung Jati menyatakan Cirebon sudah menjadi negara yang merdeka. Penyebab lainya adalah saat upaya Sunan Gunung Jati melobi Prabu Siliwangi untuk memeluk agama islam selalu tidak berhasil. Sunan Gunung Jati pun mantap menyatakan Cirebon sebagai Negara yang Merdeka dan lepas dari Pajajaran.

Peristiwa keluarnya Cirebon dari kekuasaan Pajajaran dicatat dalam sejarah tanggal Dwa Dasi Sukla Pakca Cetra Masa Sahasra Patangatus Papat Ikang Sakakala, bertepatan pada tanggal 12 Shafar 887 Hijiriah atau 2 April 1482 Masehi. Lalu kini diadopsi sebagai hari jadi Kabupaten Cirebon.

Sementara itu Ahmad, salah seorang warga Cirebon yang temui SetaraNews hari ini (2/4) berharap di hari jadi Cirebon ke 532 ini, Kabupaten Cirebon dapat menjadi kabupaten yang bersih dan semakin maju.

“Ya semoga aja kabupaten Cirebon bisa bersih dari korupsi, jalanannya bisa mulus. Apa lagi dipimpin bupati baru, semoga programnya bisa terlakasana dan pro rakyat.” Harap Ahmad.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar