Jumat, 11 April 2014

Pengaruh Film Terharap Budaya Bangsa

Opini - SetaraNews.Com - Seiring dengan perkembangan zaman nilai-nilai budaya dalam masyarakat Indonesia terus berubah begitu juga dengan perkembangan film di Indonesia.

Erat kaitannya hubungan antara film dengan budaya. Mengapa? Karena film dan budaya bersifat timbal-balik. Budaya mempengaruhi film dan sebaliknya film juga dapat mempengaruhi budaya.

Film merupakan cerminan masyarakat karena di satu pihak film itu sendiri sebagai media. Budaya yang ada pada masyarakat disajikan melalui film yang dibuat. Akan tetapi budaya negatif bangsa Indonesia tak lepas dipengaruhi oleh film. Kepercayaan sebagian masyarakat terhadap film yang mengangkat mitos dan horor, tindakan kekerasan, serta gaya hidup hedonisme karena pengaruh oleh film yang ditonton.

Sayangnya pembentukkan budaya di Indonesia seperti cinta tanah air hanya sebagai slogan atau semboyan. Ironisnya masyarakat kita lebih bangga terhadap hasil karya bangsa asing. Faktanya bahwa masyarakat cenderung menggemari film asing, dibanding film bangsa sendiri. Masalah ini terletak pada film yang disajikan di Indonesia sering mempertontonkan budaya yang tidak mendidik.

Alangkah baiknya jika film yang diproduksi oleh bangsa Indonesia seyogianya turut bertanggung-jawab menanamkan nilai-nilai budaya lebih positif seperti mengangkat budaya kemandirian, ketekunan, keanekaragaman tradisi, serta toleransi antar suku-ras-agama.

Dengan begitu selain masyarakat kita dapat mengapresiasikan film-film Indonesia, juga dapat memperoleh manfaat yang besar dalam membangun nilai-nilai budaya kearah yang lebih positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar