Sabtu, 12 Januari 2013

Perpustakaan Unswagati Membutuhkan Koleksi Buku Baru

CIREBON. SetaraNews.com - Perpustakaan yang merupakan gerbang utama dalam membuka gudang ilmu memang sangatlah perlu, terutama di satuan lembaga pendidikan. Di Unswagati misalnya, berdasarkan data yang SetaraNews.com kumpulkan sejak hari kamis (5/1) hingga rabu (10/1) terdapat sekitar lebih dari 15000an. Jumlah koleksi buku tersebut dari berbagai fakultas, diantaranya dari fakultas pertanian, ekonomi, hukum, keguruan dan ilmu pendidikan, kedokteran dan sosial politik, dan teknik sipil serta fakultas diktratasia.
Dilihat dari jumlah peningkatan mahasiswa baru tahun 2012 Unswagati yang mancapai 2.579 lebih, tentu kebutuhan akan bahan penunjang seperti buku di dalam proses perkuliahan sangat diperlukan.  Dilihat dari intensitas kunjungan mahasiswa yang ke perpustakan untuk mencari buku sebagai bahan rujukan dalam menjalani perkuliahan masih cukup tinggi.  Data statistik menunjukan bahwa di perpustakaan universitas, angka transaksi peminjaman buku di tahun 2010 hingga tahun 2012 telah mencapai lebih dari 1.750-an.
Sementara itu staf Perpustakaan Unswagati, Kubeni, SIP menuturkan bahwa; “Untuk lebih meningkatkan pelayanan koleksi buku untuk mahasiswa, dosen, dan karyawan, serta penggiat akademik lainnya. Unswagati berupaya untuk memberikan koleksi buku baru di perpustakaan di setiap tahunnya.” Dalam hal ini, beliau masih melakukan sosialisasi kepada mahasiswa, dan khalayak akademis pada umumnya, agar perpustakaan dapat dijadikan rujukan informasi.
Salah satu mahasiswa Unswagati yang biasa mengunjungi perpustakaan Unswagati Robert , mengatakan bahwa, “Koleksi buku-buku di perpustakaan di pusat (Unswagati) masih cukup, namun buku-buku tersebut kurang up to date. Karena banyak buku-buku yang telah mengalami revisi. Hal tersebut dikarenakan perubahan kurikulum baru. Saya harap ada koleksi buku-buku baru yang lebih relevan lagi agar saya tidak perlu repot-repot untuk membeli buku baru di toko buku.”

Reporter: Santosa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar