Minggu, 03 Mei 2015

Unswagati Butuh Lahan Parkir

Pada dasarnya sebuah universitas harus mempunyai sarana dan prasarana yang harus memadai, contohnya harus tersedianya ruang kelas, ruang dosen, ruang praktikum, toilet, masjid, kantin, perpustakaan, dan lahan parkir.

Perguruan tinggi Unswagati Cirebon setiap tahun mengalami peningkatan jumlah mahasiswa secara signifikan, sehingga secara otomatis pengguna kendaraan semakin bertambah. maka meningkat pula kebutuhan lahan parkir khususnya sepeda motor. Dari fakta yang bisa kita lihat saat ini, bahwa lahan parkir begitu padat dan Kepadatan jumlah pengendara menyebabkan penuhnya lahan parkir dikampus. Kondisi lahan parkir di kampus unswagati  diakui sudah tidak mampu untuk menampung kendaraan para mahasiswa maupun dosen.  Lahan parkir di kampus 1, kampus 2 dan kampus 3 semuanya penuh, contohnya di kampus 1 karena kepenuhan pihak kampus memberi warning “maaf parkiran motor pindah  di lapangan volly lahan kodim”, walaupun pihak kampus sudah menyediakan tempat parkir di lapangan volly lahan kodim, namun masih ada pengendara motor maupun mobil yang parkir di pinggiran jalan pemuda. Kemudian di kampus 2 pun karena tempat parkir penuh, maka pihak kampus menyediakan tempat parkir di halaman kampus baru atau bisa dikatakan kampus 4. Walapun pihak kampus sudah menyediakan lahan parkir dikampus 4, namun lagi-lagi masih ada pengendara motor yang masih memarkirkan dipinggir jalan perjuangan. Serta di kampus 3 pun kejadiannya sama karena lahan parkir penuh, maka pihak kampus mengantisipasi dengan menyediakan lahan parkir di halaman kampus 4.

Kendaraan dalam hal ini kendaraan sepeda motor sebagai alat transportasi, akan bergerak atas kehendak dan kemauan pengendara sehubungan dengan kegiatan yang hendak dilakukan oleh pengendara tersebut. Pergerakan yang dilakukan dari suatu tempat akan berhenti setelah sampai tempat tujuannya dan pengendara memarkir kendaraannya untuk kemudian melakukan kegiatan sehari – harinya. Setiap perjalanan yang menggunakan kendaraan diawali dan diakhiri ditempat parkir, oleh karena itu ketersediaan ruang parkir diperlukan bagi pengguna kendaraan. ketersediaan ruang parkir tidak terlepas dari pengaturan tata letak ruang parkir yang efektif dan kapasitas ruang parkir yang baik sehingga dapat mengoptimalkan fasilitas parkir kendaraan.

 

Unswagati Butuh Lahan Parkir

Unswagati butuh lahan parkir, karena melihat dari peningkatan jumlah mahasiswa tiap tahunnya selalu ada meningkat, maka dari itu secara otomatis pengguna pengguna kendaraan bermotor akan semakin meningkat juga. dan saya pikir penambahan lahan parkir di nilai perlu dilakukan karena kapasitas lahan parkir yang tersedia diberbagai kampus baik kampus 1, 2 ataupun 3 saya rasa tidak lagi mencukupi untuk parkir kendaraan dosen, pegawai, dan mahasiswa.

Pihak kampus mesti memperhatikan kuota pengguna pengendara bermotor yang semakin bertambah dimana secara otomatis akan mengakibatkan penuhnya tempat parkir. Maka dari itu mau tidak mau pihak kampus mesti secepatnya membangun tempat parkir tambahan agar mahasiswa tidak kesulitan untuk memarkirkan sepeda motornya supaya mahasiswa tidak kembali disuruh memparkirkan sepeda motornya di luar halaman kampus unswagati, contohnya di kampus 1 karena parkir sudah penuh petugas satpam menyuruh mahasiswa untuk parkir di luar halaman kampus, misalnya saja di kampus 1 mahasiswa di suruh parkir di pelataran kodim. Di kampus 2 dan 3 pun pihak kampus menyuruh parkir di halaman kampus 4. Artinya tiap kampus membutuhkan lahan parkir yang memadai dan membutuhkan tempat parkir yang tidak jauh dari kampus.

Pihak pengelola kampus untuk mampu memberikan pelayanan dan fasilitas yang memadai, salah satu fasilitas yang dimaksud adalah lahan parkir. Fasilitas parkir menjadi salah satu hal yang perlu perhatian. pengaturan maupun manajemen yang diterapkan harus dapat mengantisipasi permintaan parkir untuk saat ini maupun di masa yang akan datang.

Salah satu solusi yang saya tawarkan dari permasalahan lahan parkir adalah membuat basement khusus tempat parkir atau bisadikatakan membangun parkiran bawah tanah dan juga parkiran bertingkat, di mana pembangunan ini tidak terlalu banyak memakan tempat.

 

Oleh : Muhamad Ali Sodikin


Mahasiswa Fakultas Pertanian Jurusan agroteknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar