Kamis, 30 Januari 2014

Chevron Ingin Kuasai Ciremai, Warga Menolak


Kuningan - SetaraNews.com, Chevron corporation yang merupakan perusahaan terbesar yang bergerak dalam bidang minyak dan gas di Indonesia [dari data SKK Migas, Kamis (10/10/2013)] ini, ingin kuasai sektor bisnis hulu minyak, dan gas di provinsi Jawa Barat.


Terbukti dengan sudah dikuasainya lima gunung, untuk menjalankan rencana mereka. Lima gunung tersebut diantaranya; Gunung Patuha, Gunung Gede, Gunung Salak, Gunung Pangrango, dan Gunung Halimun. Kelima gunung tersebut berhasil dikuasai oleh Chevron hanya dalam kurun waktu lima tahun sejak 2009 silam, dan rencananya perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini akan ada tujuh gunung lagi yang akan dikuasai wilayah Jawa Barat.


Dari tujuh gunung yang mereka targetkan, tinggal beberapa gunung yang belum mereka kuasai. Yaitu Gunung Ciremai dan Gunung Papandayan. Rencananya di tahun 2014 ini, tepatnya pada bulan Juni gunung tertinggi di Jawa Barat (Ciremai) akan mereka tundukan.

Terkait dari rencana tersebut, masyarakat  di sekitar area rencana pembangunan proyek Chevron menolak.

"Mereka menjanjikan kami segala hal, apa lagi dalam bentuk listrik. Tapi jika listrik dipenuhi, lalu kita masyarakat mau di buang kemana?" Ujar Oki saat ditemui SetaraNews, hari ini Kamis (30/1) di dusun Pajambon desa Cisantana, kecamatan Cigugur kabupaten Kuningan.

Masyarakat menolak bukan tanpa alasan. Datangnya Chevron Corporation yang membutuhkan lahan begitu luas, serta dikhawatirkan akan adanya dampak yang tidak baik bagi lingkungan tempat tinggal mereka.

"Kami sangat menolak jika perusahaan itu ada disini, dan ini bukan permasalahan desa kami saja, tetapi juga akan berimbas di wilayah tiga Cirebon pasti terkena dampaknya." pungkas Oki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar