Rabu, 29 Januari 2014

Di Cikalahang, Sisa Galian C Diubah Menjadi Objek Wisata

Cirebon – SetaraNews.com, Sisa galian pasir, batu kapur, dan batu padas yang seringkali ditinggalkan begitu saja oleh para penambang. Kini di sebuah daerah yang dikenal sebagai tempat wisata ikan bakar dan pusat penghasil batu alam dan batu hiasan yakni Cikalahang, telah memiliki sebuah tempat wisata baru.

Karang Taruna Parwita Sari yang berada di desa Cikalahang kabupaten cirebon, menyulap sisa lahan galian c (galian pasir, Batu Kapur, Batu Padas) menjadi tempat wisata yang bernama Situ Pejaten. Lahan yang memiliki luas sekitar 5,5 hektar ini dikelola dengan baik oleh karang taruna setempat, yang kurang lebih memiliki 900 jiwa.

Selain Situ Pejaten, ada beberapa macam tempat rekreasi di tempat wisata ini. Ada sebuah danau, outbound, kolam renang, bumi perkemahan, dan dua rumah penginapan yang siap menjamu wisatawan yang datang.

Pengelolaan tempat wisata ini sendiri merupakan pemberdayaan dari masyarakat sekitar yang peduli dengan potensi daerahnya. "Semua tempat yang ada disini kami kelola sendiri. Dengan modal awal yang kami kumpulkan dari tiap warga setempat." ujar bapak Sasuri selaku penggerak di desa tersebut saat ditemu oleh kepada SetaraNews pada (28/01).

Setiap tiga bulan sekali, karang taruna di desa Cikalahang ini berkumpul untuk menentukan progres ke depannya bagi tempat wisata yang mereka kelola tersebut. Bahkan sistem piket pun mereka terapkan, guna merawat dan menjaga area Situ Pajaten.

"Setelah berhasil kami ubah menjadi tempat wisata, uangnya kami kelola untuk pemberdayaan Situ Pajaten, dan sisanya kami bagi rata." tambah bapak yang telah memiliki dua anak ini.

Ada niatan dari Karang Taruna desa Cikalahang ini untuk mengelola limbah pabrik batu kapur, yang tidak jauh dari Situ Pajaten menjadi lahan pengahasilan tambahan bagi masyarakat setempat.

"Rencananya limbah itu akan dikelola menjadi semen. Masyarakat setempat sangat antusias, bahkan mereka turut membantu kami." pungkas Sasuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar