Kamis, 11 Juli 2013

Mahasiswa Cirebon Mewakili Indonesia Dalam Dialog Lintas Agama ke Luar Negeri

Cirebon, SetaraNews.com - Satu lagi, putra daerah asal Cirebon berhasil meraih penghargaan tingkat Nasional dan menjadi duta dialog lintas agama yang difasilitasi oleh Kemenlu RI dalam mengkampanyekan kerukunan umat beragama dan pluralitas  mewakili Indonesia ke luar negeri.

M Khoirul Anwar KH, seorang mahasiswa program S1 yang berhasil meraih predikat Juara II Dalam lomba yang diselenggarakan Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan Kementerian Agama RI pada awal Juli lalu di Jakarta.  Dari lomba tersebut, ia bersaing ketat dengan finalis lain dari beberapa Universitas terkemuka di Indonesia yang kesemuanya merupakan mahasiswa program Magister dan Doktoral.

"Alhamdulilah, saya telah dipercaya untuk dapat menyandang predikat ini (juara). Kedepan, saya diminta oleh Kemenlu RI untuk mewakili Indonesia sebagai Duta Dialog Lintas Agama pada bulan September 2013 di Amerika Serikat, dan bulan Oktober 2013 di Chile." ujarnya kepada SetaraNews.com.

Menurutnya, dalam karya tulisnya yang berjudul Menjumput Peradaban dengan Bekal Perbedaan tersebut memang cukup membuat para dewan juri terhenyak. Terlebih, dalam presentasinya yang juga menampilkan video dan dibantu oleh salah seorang kru LPM Setara  membuat para dewan juri dan audiens serius menanggapi presentasinya yang dilaksanakan di Auditorium Pusdiklat Kemenlu RI pada Selasa (9/7).

Dalam artikelnya, ia mengangkat persoalan kebebasan beragama dan beragam konflik yang terjadi karenanya. Mulai dari kasus bom bunuh diri di Mapolresta Cirebon (15/4/2011), bentrok di Ambon, pengusiran Irshad Manji, konflik Ahmadiyah hingga kasus pengusiran warga yang memeluk Islam Syiah di Sampang Madura beberapa waktu lalu.

(lihat videonya disini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar