Selasa, 02 Juni 2015

Dekan FE : "Tingkat Kesejahteraan Wilayah Cirebon Masih Rendah"

UNSWAGATI, SETARANEWS.COM - Masih dalam rangkaian acara seminar dan diskusi publik yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unswagati Cirebon yang mengangkat tema "Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Dalam Membangun Perekonomian Daerah" pada (01/06) lalu, salah satu pembicara yakni Dr. Hj. Ida Rosnidah SE., MA., Ak., Ac. selaku Dekan Fakultas Ekonomi membahas bagaimana tri dharma perguruan tinggi dalam membangun pereknonomian daerah dari segi akademisi. Menurut UU NO.20 tahun 2003 menyebutkan bahwa sistem pendidikan nasional diwajibkan mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Untuk meningkatkan suatu perekonomian daerah terdapat beberapa yang menjadi acuan, seperti potensi daerah masing-masing, pertumbuhan perekonomian suatu daerah dilihat indikator PDRB, kontribusi sekitar lapangan usaha terhadap PDRB wilayah Cirebon.

"Dari segi perekonomian daerah apa sih yang menjadi potensi dari daerah masing-masing, bercermin dari indikator PDRB", jelas beliau saat menjasi pembicara acara seminar lalu.

Dekan Fakultas Ekonomi ini menilai PDRB wilayah Cirebon didominasi segi pertanian, serta kontribusi PDRB wilayah Cirebon sekitar 12,22%. Selain itu PDRB per-kapita dihitung membagi angka PDRB dengan jumlah penduduk.

"Jadi dalam hal ini kesimpulannya tingkat kesejahteraan wilayah Cirebon masih rendah", tutup beliau ada semianr dan disuksi publik senin lalu.

Acara seminar dan diskusi publik ini menarik kesimpulan bahwa perlu adanya sinergitas antara pemerintah dengan pihak lembaga pendidikan dalam membangun perekonomian daerah, perlu adanya program-program yang mendukung mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar