Rabu, 27 Januari 2016

Agar Leluasa Nyontek, Mahasiswa FE Ramai-Ramai Suap Pengawas

Unswagati-Setaranews.com, Penyuapan pengawas ujian oleh mahasiswa kerap terjadi di Fakultas Ekonomi, baik pada ujian tengah semester maupun ujian akhir semester.diakui oleh salah seorang mahasiswi jurusan akuntansi yang enggan disebutkan namanya ini bahwa pada ujian akhir semester akhir tahun lalu, ia dan teman teman sekelasnya membayar pengawas agar bisa leluasa dalam ujian.

“sempet pernah ngebayar sih cuma sekarang udah engga karena ada pertentangan di kelas yang pro dan kontra jadi agar tidak menimbulkan perpecahan kita udah ga bayar lagi” ujarnya

Praktik ini sendiri sudah berlangsung lama dan berjalan dari mulut ke mulut. Pengawas yang dibayar biasanya merupakan mahasiswa tingkat akhir yang sudah lulus dengan bayaran per mahasiswa mencapai Rp. 3000 sampai Rp. 5000 setiap mata kuliah

“waktu itu pengawsnya temen sih dia udah lulus dan sekarang udah kerja” tutur mahasiswa yang juga engggan disebutkan namanya.

Selain dengan nominal uang, ada pengawas yang meminta hal lain seperti kopi starbucks dan pulsa.

“waktu UAS semester dua pernah ada yang nawarin sih. Dia mintanya dibeliin starbucks sama pulsa lima puluh ribu rupia, tapi setelah musyawarah kelas akhirmya ga jadi karena kemahalan “ ujar M mahasiswa ekonomi yang kini menempuh semester empat.

Pengawas bayaran ini biasanya merupakan teman atau kenalan mahasiswa. Sampai UAS kemarin praktik ini nampaknya masih berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar