Rabu, 08 April 2015

Ambil Dana Calon Mahasiswa Baru, Perpustakaan Akan di Kembangkan

Unswagati,Setaranews.com - Untuk meningkatkan mutu dan pelayanan di perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati, Calon Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2015/2016 dikenakan dana perpustakaan senilai Rp. 150.000,-. Dana tersebut ditujukan untuk pembelian koleksi buku-buku baru dan peningkatan sarana dan prasarana demi kenyamanan mahasiswa.

Dalam satu tahun perpustakaan dapat menyediakan buku-buku sebanyak 600 hingga 800 buku-buku baru dengan 5 sampai 400 judul. Buku-buku tersebut bersumber dari dana mahasiswa baru, pemberian dari Pemkot Cirebon, Pemprov Jabar dan beberapa instalasi lain serta buku pengganti yang dihilangkan oleh mahasiswa.

Kepala Perpustakaan Kubeni, S.IP menuturkan pelayanan perpustakaan pun selalu ditingkatkan setiap tahunnya, Sejak 2010 perpustakaan mulai menggunakan program senayan dalam pengembalian, peminjaman, dan pencarian buku baik di perpustakaan universitas maupun fakultas. Beranjak tahun 2015, perpustakaan menerapkan layanan digital yang berisi e-book dan e-journal sehingga memudahkan mahasiswa untuk membacanya melalui sebuah program, beliau juga menilai pengunjung perpustakaan semakin meningkat dan menjadi sebuah kebutuhan.

“Yang saya lihat dan hitung peningkatan-peningkatan tiap tahun dari kunjungan mahasiswa semakin banyak itu artinya perpustakaan sudah sangat dibutuhkan mahasiswa. Mereka sudah melek informasi.” Tandasnya.

Peningkatan yang dilakukan pihak perpustakaan membuat animo mahasiswa dalam mengunjungi perpustakaan meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dari laporan tahunan dengan hasil kalkulasi daftar pengunjung setiap harinya.

Namun pengembangan fasilitas dan program perputakaan Unswagati ini dinilai masih perlu dilengkapi dengan koleksi bukunya masih minim.

“Fasilitas dan pelayanan dari perpustakaan sendiri sudah cukup baik hanya saja koleksi—koleksi buku dari perpustakaan masih  kurang banyak.” Ujar Haikal salah seorang mahasiswa pengunjung perpustakaan saat mengunjungi perpustakaan tersebut (an/aw).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar