Senin, 26 Agustus 2013

1201 Mahasiswa PPL Kependidikan Dilepas Unswagati

Unswagati - SetaraNews.com, Universitas Swadaya Gunung Jati melepas mahasiswa Praktikan Pengenalan Lapangan  (PPL)  sebanyak 1201 mahasiswa di kampus dua. Pelepasan ini  dipimpin langsung Rektor Unswagati, Dr. H. Dzakaria Machmud SE., SH., MSi., dan turut dihadiri oleh beberapa jajaran Unswagati beserta para dosen pembimbing praktikan pada senin (26/8).

Disela-sela acara, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prof Abdul Rojak MPd dalam sambutannya menuturkan bahwa, "Melalui kegiatan PPL mahasiswa akan mempertanggungjawabkan kompetensinya."

Dijelaskan lebih lanjut, mahasiswa Unswagati yang akan mengikuti PPL akan ditempatkan pada 91 sekolah baik di wilayah Kabupaten dan Kota Cirebon dan akan dibimbing oleh 91 dosen. Mahasiswa dari FKIP yang mengikuti PPL dari empat jurusan yakni dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 435 mahasiswa, Pendidikan Matematika sebanyak 357, Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi sebanyak 216, dan dari Pendidikan Bahasa Indonesia sebanyak 193.

Sebelum melepas mahasiswa praktikan, Rektor Unswagati menyoroti tentang keadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada saat-saat sekarang. Situasi perekonomian dalam skala makro mulai menunjukkan beberapa tanda-tanda, seperti menurunnya jumlah devisa negara kita yang semula 125 Miliar U$D, kini hanya tersisa 85 Miliar U$D. Belum lagi situasi kemiskinan di Indonesia, 58% penduduk miskin berada di wilayah pedesaan menurut data Badan Statistik. Sementara data di Bank Indonesia, perputaran uang di Indonesia 75% berpusat di Jakarta. Belum lagi 1500 triliun dari APBN, rawan terindikasi korupsi.

Rektor berharap, agar calon pengajar lulusan Unswagati bukan hanya dapat bekerja secara profesional tetapi juga dapat bekerja secara jujur. Karena kejujuran merupakan bagian penting dalam pokok kurikulum kita yang berbasis karakter bangsa.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar