Kamis, 01 Agustus 2013

300 Ribu Ha Lahan Pertanian Kuningan Akan Hilang

Kuningan-setaranews.com -  Lahan pertanian di Provinsi Jawa Barat akan hilang sebesar 30% atau sekitar 300.000 Hektar dari luas lahan 1.000.000 hektar lahan yang ada, hal ini dikatakan oleh perwakilan Kementrian Pertanian ketika menghadiri lomba GP3A Kabupaten Kuningan.

“Bahwa diprediksi sekitar 300.000 hektare lahan produktif pertanian akan berlaih fungsi di Jawa Barat “ ujar Baginda Siadian selaku tim dari Kementrian Pertanian dalam sambutan lomba GP3A Kabupaten Kuningan.

“Saya secara khusus memohon kepada Bupati atau nanti penerus bapak bupati di Kuningan terutama untuk mengimplementasikan Undang-undang No 41 tentang pengendalaian alih fungsi lahan”,tambahnya.

Dapat dibayangkan apabila hal ini benar-benar terjadi, 30% lahan pertanian akan berlaih fungsi menjadi perumahan dan pabrik bukan hanya pangan yang akan berkurang tetapi vegetasinnya akan berkurang atau berubah, hal ini akan memberi dampak terhadap peningkatan suhu di Jawa Barat.

Alih fungsi lahan ini terjadi dikarenakan banyak iming-iming kepada pihak petani dari Investor atau pemodal yang memiliki modal dan kepentingan atas tanah yang dikuasai oleh petani, “siapa yang gak tergoda lihat uang 500 juta di depan mata, sebagai manusia biasa wajarlah, bagaimana caranya supaya petani tidak tertarik dengan itu,tidak cepat-cepat memutuskan menjual lahannya,yaitu dengan cara kita bantu fasilitasnya”.tegas Baginda.

Saat di wawancarai oleh setaranews.com Sumadi selaku Wakil Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) menyatakan siap mengawal GP3A dalam mengendalikan alih fungsi lahan produktif menjadi nonproduktif, “HKTI Kabupaten Kuningan siap mengawal GP3A dalam pengendalian alih fungsi lahan”. ujarnya singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar