Rabu, 19 Februari 2014

Tanggul Cisanggarung Jebol, Ribuan Rumah Kebanjiran

Cirebon - SetaraNews.com, Dini hari tadi Tanggul yang membentengi Sungai Cisanggarung jebol dan mengakibatkan ribuan rumah terendam banjir.

Setidaknya belasan Desa di empat kecamatan di perbatasan Jawa Barat - Jawa Tengah terkena imbasnya. Sebagian wilayah di empat kecamatan itu adalah Kecamatan Pabedilan, Ciledug, Pasaleman (Cirebon - Jawa Barat) dan Kecamatan Losari (Brebes - Jawa Tengah).

Menurut Ijah salah seorang korban banjir. Air datang tiba-tba dan membuat tanggul di daerah Cilengkrang Jebol.

“Awalnya ga tinggi, tapi lama-lama air masuk rumah, perabotan sampe pada ngambang.” Ujar wanita asal Desa Cilengkrang Girang Tersebut.

Terdapat dua titik jebolnya tanggul Sungai Cisanggarung ini. Satu titik di Desa Ciengkrang Kecamatan Ciledug dan satunya lagi di kecamatang Losari atau tepat di perbatasan Jawa Barat dan Jawa tengah.

Ketinggian banjir terparah dialami desa Cihoe kecamatan Ciledug. Menurut kesaksian Warga, ketinggian air mencapai tiga meter.

“Di Cihoe itu tadi udah se-genteng, parah ini mah.” ujar Ade warga sekitar lokasi banjir kepada SetaraNews (19/2).

Selain ribuan rumah, belasan sekolah juga terpaksa diliburkan Tanggul jebol sekitar pukul: 02.00 WIB. Disinyalir Tanggul tak kuasa menahan debit air yang bertambah akibat kiriman dari Kuningan. Menurut laporan, ada satu orang meninggal dunia akibat bencana banjir ini.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar