Selasa, 09 September 2014

Mahasiswa Cirebon Menangkan Juara 1 Lomba Esai Relawan Jokowi

Jakarta - SetaraNews.com, Mahasiswa asal Cirebon M. Khoirul Anwar KH memenangkan juara 1 lomba menulis esai kisah relawan Jokowi seperti yang dirilis oleh seknasjokowi.or.id pada Jumat (5/9/2014) yang lalu.


Mahasiswa asal Institut Studi Islam Fahmina – Cirebon ini meraih juara 1 dengan judul “Melawan” Kyai, Merawat Nurani". Esai tersebut berhasil mengalahkan esai mahasiswa dari Auckland University, kampus terbaik di Selandia Baru dan mahasiswa-mahasiswa lain dari universitas di seluruh Nusantara.

Adapun keputusan dewan juri mengenai lomba menulis esai kisah relawan Jokowi ini terdiri dari: AS Laksana (sastrawan), Dr. Hilmar Farid Setiadi (sejarawan), Linda Christanty (sastrawan), Mardiyah Chamim (jurnalis senior Tempo), dan Seno Gumira Adjidarma (novelis). Keputusan ini diambil dalam rapat dewan juri pada Kamis, 4 September 2014.

Menurut Khoirul Anwar kepada SetaraNews hari ini (9/9/2014) ketika ditanya mengenai apa pesan yang ingin ia sampaikan dalam tulisannya tersebut, ia mengungkapkan bahwa "pada dasarnya (tulisan tersebut, red) adalah seruan untuk para santri agar mempunyai sikap politik yang otonom dan independen. Sebab yang lazim  saat ini umumnya santri menganggap bahwa fatwa kyai layaknya sabda Nabi. Padahal tidak demikian." ujarnya.

"Di setiap fatwa pasti terdapat cela yang bisa kita kritisi. Apakah fatwa itu nantinya relevan dengan kondisi dan kemaslahatan masyarakat? Atau justru kontraproduktif terhadap realitas sosial. Itulah inti yang ingin saya sampaikan dalam tulisan yang berjudul Melawan Kyai, Merawat Nurani itu." tandasnya.

Atas kemenangan tersebut, peserta berhak atas hadiah yang sudah disediakan oleh panitia dengan total senilai Rp. 57 juta. Untuk teknis pengambilan hadiah dan piagam, panitia akan mengkonfirmasi setiap peserta yang berhasil menjadi juara.

Konon tulisan tersebut akan dipublikasikan secara massif dalam bentuk sebuah antologi karya untuk pembelajaran para relawan lainnya. Seperti yang dikutip dalam laman facebook resmi Ir. H. Joko Widodo pada 16 Agustus 2014(16/8/2014).

"Kisah-kisah itu akan dibukukan sebagai bahan pembelajaran bersama." ucap Presiden Terpilih tersebut.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar