Minggu, 25 Januari 2015

Unswagati Siapkan Diri Menghadapi MEA 2015

Cirebon, setaranews.com – Memasuki tahun 2015 Unswagati (Universitas Swadaya Gunung Jati) tengah siapkan upaya untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang akan dimulai pada tahun ini. Melalui misi Unswagati yang menjadikan Unswagati sebagai Perguruan tinggi yang bereputasi nasional dan berjejaring global, maka akan mampu untuk menghadapi persaingan global terutama dalam sektor pendidikan.

“Misi ini diharapkan dapat mengakomodasi kebijakan pemerintah Jawa Barat melalui bapak gubernur yang meminta Unswagati untuk alih status menjadi PTN dan dengan mulai diberlakukannnya forum masyarakat ekonomi ASEAN” ujar Rektor Unswagati dalam sambutan acara orasi ilmiah yang diadakan di Hotel Apita kemarin (24/1). Upaya yang dilakukan untuk menghadapi MEA kali ini seperti peningkatan komponen pendidikan dan pembelajaran, melakukan perencanaan  akreditasi institusi Unswagati, menjalin kerjasama dengan universitas ternama baik di dalam negeri maupun di luar negeri, meningkatkan komponen sistem perkuliahan, dan meningkatkan rasio tenaga pengajar yang berkompeten dalam bidangnya.

“Kompetisi pada peguruan tinggi tidak lagi hanya dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia namun sudah meliputi perguruan tinggi sekurang-kurangnya di wilayah regional ASEAN, maka dari itu kami menyadari bahwa Unswagati perlu melakukan banyak upaya agar bisa tetap eksis” tutur Rochanda Wiradinata selaku Rektor Unswagati Cirebon.

MEA menjadi cita-cita bagi negara yang bergabung dalam organisasi regional ASEAN guna membentuk masyarakat yang damai, harmonis, makmur, sejahtera dan terintegrasi di  wilayah ASEAN. Konsep dari Masyarakat Economic Community dalam menciptakan ASEAN sebagai sebuah pasar tunggal diharapkan mampu untuk mengurangi kemiskinan yang terjadi diantara negara-negara anggotanya  melalui kerjasama antar negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar