Rabu, 27 Juli 2016

Khas Cirebon : Terasi Udang, Makanan Melegenda

Setaranews.com – Terasi merupakan hasil olahan  dari ikan kecil-kecil atau disebut rebon. Makanan khas Cirebon ini memiliki Bau khas yang  dapat menambah selera makan, selain baunya yang unik, terasi memiliki cita rasa yang khas seperti baunya. Akan nikmat jika disantap dan disajikan sebagai pelengkap menu makanan.

Tidak hanya di Indonesia, terasi sudah dikenal ke ranah dunia, di kenal Malaysia, Thailand atau Hongkong, sebagai bumbu masak, mereka menyebutnya belacan.

 

Asal mula nama terasi

Terasi berasala dari kata “terasih” yang artinya suka , nama tersebut berasal dari cerita Prabu Siliwangi yang menyukai hasil nelayan pada abad ke 14. Saat itu, ia bersama istrinya mengunjungi Pedukuhan Lemah Wungkuk, Cirebon. Hasil nelayan itu berupa rebon atau udang kecil, karena wilayah tersebut masih kekuasaannya, Prabu Siliwangi atau pangeran Walangsungsang meminta upeti setiap tahun, pedukuhan tersebut harus membayar upeti dengan sepikul bubukan rebon yang sudah halus dan dibentuk menjadi gelondongan.

 

Manfaat Terasi

Bahan baku pembuatan terasi diantaranya udang kecil-kecil atau disebut rebon, mengandung protein, kalsium dan yodim yang cukup tinggi. Selain itu, protein pada terasi baik untuk pertumbuhan tulang. Konsumsi makanan ini dapat membantu mengatur kadar kolesterol di dalam darah karena menagndung banyak kalsium. Agar pemanfaatan lebih optimal, konsumsi terasi sebaiknya diimbangi dengan makanan yang kaya akan fosfor, seperti sayuran dan buah-buaan.

Cara membuat terasi di rumah

Terasi merupakan hasil fermentasi dari rebon, untuk itu dibutuhkan ketekunan dan kesabaran. Namun sebenarnya anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan pilihan dan tanpa bahan tambahan bahan apapun. Dengan bahan 1 kg udang rebon, 200 gram garam dan pewarna makanan secukupnya. Anda cukup mencucinya terlebih dahulu, kemudan rebus bersama 150 gram garam kemudian jemur dibawah sinar matahari selama satu hari.

Setelah dijemur, barulah ditumbuk hingga halus dan jemur kembali sampai kering. Lalu, tumbuk lagi dengan 50 gram garam hingga benar-benar halus menggumpal. Lalu cetak sesuai selera dan simpan hingga proses fermentasi selesai dengan ciri aroma khas keluar.

 

Aneka olahan terasi

Terasi biasanya dibuat sambal, ada banyak macam sambal yang berbahan terasi. Sebelum diolah, terasi sebaiknya di goring, dibakar atau di kukus. Olahan sambal berbahan terasi bisa ditumis, dan mentahan. Selain sambal, terasi juga bisa digunakan untuk bumbu-bumbu masakan tertentu. Diantaranya untuk olahan ikan, ayam sayuran, nasi goring dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar