Minggu, 22 September 2013

Mahfud Siddiq: Perlunya Peran Masyarakat Dalam Control Media

Cirebon - SetaraNews.com, Minggu (22/9) anggota Komunitas Blogger Cirebon; Agus Saefudin dan Santosa (Pimpinan Umum terpilih SetaraNews) menemui Mahfud Siddiq di Hotel Grage untuk membicarakan mengenai kondisi terkini objektivitas peran dan fungsi media elektronik terutama media penyiaran dalam memberikan tayangan yang sehat. Tayangan yang proporsional dan sesuai dengan kode etik jurnalistik beserta penerapan prosedur Komisi Penyiaran Indonesia yang merupakan lembaga pengawas penyiaran publik.

Menurutnya, kondisi saat ini Lembaga Penyiaran Swasta sudah bergeser dari perannya sebagai media milik publik. Sehingga diperlukan edukasi kepada masyarakat untuk mengawasi media baik skala nasional maupun lokal dalam penyiarannya terhadap masyarakat agar tetap netral dan objektif.

"Menghadapi pemilu 2014, media nasional dan lokal untuk saat sekarang sudah cukup bergeser dari peran yang semestinya. Maka dari itu diperlukan edukasi kepada masyarakat agar (objektivitas) media dapat dikembalikan sebagai mana mestinya (media yang sehat). Dan saya berharap masyarakat dapat berperan aktif, terutama warga Cirebon dalam melakukan control media. Contohnya dengan ikut memberi masukan dan laporan ke KPI." ujar Mahfud Siddiq.

Dari hasil diskusi antara rekan Blogger Cirebon dengan Drs. Mahfudz Siddiq, M.Si., yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang membidangi Komunikasi dan Informasi ini berharap Komunitas Blogger Cirebon dapat berperan aktif dalam kepedulian terhadap masyarakat, terutama masyarakat sewilayah III Cirebon dalam mengawasi kinerja dari media lokal dan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar