Rabu, 11 September 2013

Munir, Si Wirausahawan dari Fakultas Ekonomi

Cirebon - SetaraNews.com, Misbakhul Munir (20) merupakan mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati dari Fakultas Ekonomi yang berhasil membudidayakan ikan. Mulai dari ikan yang dijadikan sebagai bahan konsumsi hingga ikan hias.

Ia menekuni usaha peternakan ikan hampir empat tahun. Ketika SetaraNews.com mendatangi tempat usahanya di kawasan desa Kecomberan, kecamatan Talun, kabupaten Cirebon pada hari Jumat lalu (6/9). Munir mengaku, usaha ini bermula dari hobby  melihara ikan sejak Sekolah Menengah Atas (SMA), yang akhirnya ia memilih terjun langsung dalam budidaya ikan tersebut.

Budidaya perikanan cukup mudah,”Saya beli bibit lele umur dua bulan di pedagang ikan bibitan, lalu mengurusnya sendiri seperti; makan 2 kali sehari, Hi-Provit (vitamin), dan pemeriksaan rutin sampai panennya.” ujarnya.

Berwirausaha pasti akan mengahadapi resiko, seperti yang dialami oleh Munir dalam usaha perikanannya, “Kendala dari ternak ikan itu sendiri adalah proses pertumbuhannya karena ada beberapa parasit seperti bakteri, virus dan juga ikan bantet (kerdil).” ujar Misbakhul Munir.

Bukan hanya ketelatenan dalam merawat kolam ikan, manajemen waktu juga sangat dibutuhkan. Apalagi wirausahawan yang masih berstatus sebagai mahasiswa, “Ternak ikan itu susah mas, saya sempat tidak fokus sama kuliah tapi saya sadar bahwa pendidikan itu penting.” tambahnya.

Berwirausaha memang sulit, yang penting harus punya niat tulus, kesuksesan itu bukan di lihat dari hasil akhir tetapi prosesnya. “Saya rasa pemikiran anak muda sekarang sulit untuk berkembang dan kreatif apalagi berwirausaha, mereka hanya bersenang-senang dengan kenikmatan sesaat seperti uang dari orang tua, tanpa menyadari betapa susahnya mencari uang itu.”

Saat ini ia sudah berhasil menjual hasil ternak ikan lelenya hingga ke daerah Lengkong - Kedawung (tempat pengepul). Hingga kini kegiatan usahanya mulai dikembangkan, ada budidaya ikan baru seperti ikan mujair, koki, balon, bawal, dan cupang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar