Sabtu, 18 Oktober 2014

Terkait Pembongkaran DKC, Disporbudpar Lepas Tangan

Cirebon, SetaraNews.com – Pembongkaran gedung  kantor Dewan Kesenian Cirebon (DKC) masih menjadi misteri. Pasalnya, belum ada kepastian yang jelas siapa yang membongkar dan apa penyebabnya. Dinas Pemuda, Olah raga, Kebudayan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Cirebon akhirnya angkat bicara. Disporbudpar sendiri merasa heran, dikarenakan pihaknya tidak tahu menahu kenapa dilakukan pembongkaran dan tidak  merasa untuk merekomendasikan.

“Kami tidak tahu menahu. Kami juga heran kenapa pemborong berani melakukan pembongkaran, dan apa alasan dan penyebabnya kami tidak mengerti, coba tanyakan ke PU.” Ujar Dede Wahidin selaku kepala sesi bina seni, film dan Bahasa dikantornya.

Anggota DKC dengan beberapa seniman dan sastrawan sebelumnya sudah membuat petisi dan melaporkan kejadian itu kepada Polres Cirebon Kota (Ciko) tapi belum bisa ditangani. Dikarnakan berkasnya yang belum lengkap, salah satunya terkait status gedung kantor DKC. Disatu sisi dibangun oleh Pemprov, satu sisi itu memang berdiri di atas tanah pemkot dan Pihak pemprov pun belum melakukan serah terima kepada pemkot.

“Ia itu dibangun oleh pemprov diatas tanah pemkot, Pemprov blum melakukan serah terima. Tapi secara pengelolaan memang dilakukan oleh kami” Tambah Dede.

Masih menurut Dede,  Dispodbupar sudah mengumpulkan para seniman, sastrawan dan budayawan untuk membicarakan keperluan apa saja yang dibutuhkan. Tapi tidak dalam rangka membicarakan gedung Kantor DKC, tapi soal perbaikan gedung seni Cirebon. Setelah perbaikan baru akan membicaran permasalahan pembongkaran kantor DKC untuk menemukan titik persoalan dan solusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar