Rabu, 05 Maret 2014

Aher: Proyek Geothermal Ciremai Dimulai Tahun 2013

Bandung - SetaraNews.com, Isu mengenai kabar dijualnya gunung Ciremai senilai Rp60 triliun yang berada di kabupaten Kuningan - Jawa Barat, ternyata hanyalah sebuah pelelangan tender agar beberapa titik lokasi di gunung Ciremai dapat dieksplorasi untuk geothermal atau Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi.

Pemenang tender untuk pelaksanaan geothermal itu sendiri PT. Jasa Daya Chevron yang merupakan anak perusahaan dari PT Chevron Pasific Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam minyak dan gas terbesar di Indonesia asal Amerika Serikat.

Melalui akun twitter resminya @Aheryawan ia membantah jika pemenang tender sudah ditetapkan. “18. Saat ini belum ada pemenang penetapan pemenang tender #HebohCiremai.” ujar Gubernur Jabar (3/3).

Berbeda dalam pernyataan sebelumnya, pada laman pribadinya Aheryawan.com Proyek geothermal di kaki Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan dipastikan berjalan tahun ini (red: 2013). Gubernur Jabar Ahmad Heryawan memastikan jika proses tender telah selesai dan segera memasuki tahap administrasi.

Ia mengatakan bahwa, "Kami pastikan proyek geothermal di kaki Gunung Ciremai mulai berjalan tahun ini diawali dengan tahapan kelengkapan administrasinya."

Ia menambahkan bahwa prosesnya akan membutuhkan waktu hingga lima tahun ke depan. "Biasanya dari tahapan administrasi dan langkah-langkah hingga power plan geothermal berjalan akan memakan waktu hingga lima tahun," kata Heryawan saat rehat usai menghadiri beberapa kegiatan di Kabupaten Kuningan, kemarin (Harian Seputar Indonesia - Jum'at, 18 Januari 2013).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar