Sabtu, 22 Maret 2014

Ormawa Unswagati Hasilkan 4 Keputusan Penting

Unswagati - SetaraNews.com, Pihak Universitas akhirnya menggelar pertemuan pada dengan seluruh perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa)  terkait permasalahan yang ada di kampus saat ini untuk mencari solusi dari dari hasil pertemuan tersebut.

Audiensi ini dilakukan setelah rektor melakukan rapat pada 17 maret 2014, dan disepakati mengumpulkan seluruh Ormawa yang diwakili ketua dan sekretaris atau anggota yang didelegasikan langsung oleh ketua umum ormawa dalam acara pada sabtu siang tadi sejak pukul 11.00 WIB di Aula Kampus 1 Unswagati.

Dalam Acara tersebut pihak universitas hanya menjadi fasilitator dan pembuka acara karena hasil rapat dengan rektor menyatakan agar audiensi ini sebaiknya perwakilan ormawa yang menjalankan forum, dan atas dasar kesepakatan peserta forum pihak Universitas setuju meninggalkan ruangan audiensi.

“Semuanya ini dari mahasiswa, oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa dan kami di sini netral.” Ujar Komarudin selaku Kabiro kemahasiswaan sebelum meninggalkan forum.

Sempat terjadi kericuhan dalam berjalannya forum diskusi, dimana sebagian besar peserta forum berpendapat bahwa kehadiran BEM dan DPMU yang legalitasnnya masih dipertanyakan. Mereka dinilai tidak sepatutnya berada di dalam forum diskusi, dan setelah dilakukan voting dimana 21 suara sepakat BEM dan DPMU harus keluar dari forum. Hal ini yang menimbulkan sedikit kericuhan sebelum forum dilanjutkan.

Setelah situasi terkendali, forum berlanjut membahas permasalahan, salah satu Ormawa mengajukan usulan pernyataan sikap yang berisi empat poin yaitu pencabutan SK Presma (presiden mahasiswa) dan DPMU saat ini, segera bentuk presidium untuk melakukan pemilihan ulang, bongkar ruangan semi di kampus 1 dan harus dipergunakan kembali seperti auditorium, lalu terakhir meminta  transparansi aset, anggaran kemahasiswaan, dan audit keuangan Universitas serta yayasan yang dilakukan oleh lembaga auditor independen.

Pernyataan sikap itu sebelum ditawarkan oleh forum ini sudah disepakati oleh 18 ormawa. Setelah membahas pernyataan sikap tersebut, akhirnya forum menyetujui empat poin tersebut. Agar segera membentuk presidium untuk melakukan pemilihan Presma dimana dari hasil forum di sepakati Presidium I adalah perwakilan fakultas Hukum Hartono, presidium II adalah perwakilan Fakultas pertanian Supriyatna, dan presidium III perwakilan fakultas Ekonomi R Iman.

Terkait keputusan forum tersebut Wakil Rektor III Dudung Hidayat, SH., MH tidak ingin banyak komentar mengenai keputusan yang telah dihasilkan dan beliau hanya berharap agar permasalahan di lingkungan kampus bisa terselesaikan.

”Seperti yang saya sampaikan, hasil rapat tanggal 17 Maret kemarin biarlah forum ini mahasiswa saja yang selesaikan, dan saya berharap  bisa tercipta kembali normalisasi kampus dengan atmosfir organisasi kemahasiswaan yang lebih baik dan program-progam kami bisa berjalan dengan baik.” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar