Rabu, 19 Maret 2014

Gubernur Jawa Barat Isi Kuliah Umum di Unswagati

Unswagati - SetaraNews.com, Gubernur Jawa barat, Ahmad Heryawan memenuhi undangan Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) untuk mengisi kuliah umum. Gubernur yang biasa dipanggil Aher ini mengangkat Judul ‘Indonesia super’ dalam kesempatanya itu (19/3).


Dalam kesempatan tersebut rektor baru Prof. DR. H. Djohan Rochanda Wiradinata, MP mendapat kesempatan untuk menyampaikan sambutan. Setelah Rektor tibalah giliran Aher untuk memaparkan bahan materi kuliahnya. Gubernur Jawa barat yang menjabat dua kali periode itu menjelaskan maksud dari kata ‘Super’ dalam Tajuk materi kuliahnya ‘Indonesia Super’ adalah singkatan dari ‘Security, Prosperous, dan Religius.


“Negara Hadir untuk menjamin kebebasan beragama warga negaranya.” ujarnya di depan ratusan mahasiswa.


Lebih lagi pasangan Dedy Mizwar dalam pemilihan kepala daerah Jawa barat ini menuturkan bahwa pendidikan adalah sebab dari banyaknya warga yang masih berada dalam kelas menengah.


“Pendidikanlah pendorong bagi hadirnya kelas menengah.” tambahnya.


Kuliah yang berlangsung sekitar 50 menit ini juga menyinggung keberadaan Indonesia sebagaii Negara maritim dan Negara kepulauan terbesar di dunia yang masih belum dapat dimaksimalkan.


“Indonesia adalah Negara maritime terbesar di dunia. Ada 17000 pulau. Indonesia menjadi pasar strategis perdagangan internasional, tapi sayang Indonesia masih belum punya  pelabuhan pengumpul (hub port) seperti di Singapura. Jadi hanya dapat dari iuran restribusi. Padahal 40% perdagangan dunia lewat Indonesia.” kata aher.


Aher juga menyebut tidak banyaknya pengusaha di Indonesia sehingga dalam presentasi wirausahawan Indonesia masih kalah dengan Thailand bahkan Malaysia sekali pun.


“Manakala pencipta lapangan kerja sedikit, maka orang yang bekerja juga sedikit.” imbuhnya.


Aher mengisi kuliah umum setelah melantik Bupati dan Wakil Bupati Cirebon terpilih Sunjaya Purwadi dan Tasiya Soemadi untuk periode 2014-2019 yang memenangi pemilihan umum kepala daerah kabupaten Cirebon Desember tahun lalu.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar