Senin, 15 Agustus 2016

15 Agustus Indonesia Merdeka di Cirebon

Cirebon, Setaranews.com - Hari ini, tepatnya 15 Agustus adalah hari paling bersejarah bagi Kota Cirebon . Pasalnya, 71 tahun yang lalu Cirebon adalah kota yang lebih dulu memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia. Proklamasi ini bertempat di Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon.

Menurut Mustaqim sejarawan asal Cirebon, yang setaranews temui dikediamannya di Desa Pasindangan Kabupaten Cirebon, menceritakan bahwa berita mengenai Jepang yang kalah oleh sekutu sudah terdengar di radio luar negeri.

“Kekalahan Jepang dari sekutu waktu itu terdengar oleh Syahrir lewat radio luar negeri, langsung memanfaatkan kesempatan ini untuk segera memproklamasikan kemerdekaan kepada pusat di Jakarta. Tapi karena karena di Jakarta situasinya alot maka proklamasipun di ulur lagi ntuk menunggu. Syahrir yang juga merupakan tokoh Sosisalis waktu itu tak ingin menunggu lebih lama dan tak mau kemerdekaan di anggap sebagai pemberian langsung menghubungi kadernya di Cirebon dan  juga sebagai basisnya Sosialis waktu itu. Salah satunya Dr. Soedarsono untuk segera memproklamasikan Kemerdekaan sesegara mungkin,” ujar Mustaqim kepada setaranews.com Sabtu (13/08).

Lebih lanjut, Mustaqim juga menjelaskan bahwasanya tugu yang berada di Jalan Siliwangi, tepatnya di depan Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, merupakan titik dimana proklamasi pertamakalinya dikumandangkan di Cirebon pada tanggal 15 Agustus 1945.

“Tugu Proklamasi yang ada di alun-alun kejaksan adalah simbol dari merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Tugu itu di bangun sekitar tahun 1946,” lanjutnya.

Mengenai naskah proklamasinya dari kutipan yang kami kutip dari Demosmagz.com yang di ungkapkan oleh Wawan , sebagai arsiparis di Bapuspida Cirebon

“Kami tidak memiliki arsip bersejarah itu, hanya ada tulisan dari media massa. Maka dari itu kami membuat tim, untuk penelusuran tentang naskah 15 Agustus 15 Agustus tersebut,” terang Wawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar